Selamat Datang di website dinas perkebunan provinsi sulawesi barat

DOKUMENTASI

Potensi buah untuk Sulawesi 1 bisa mencapai 1,8 – 2,5 ton/ha pada tahun ke 5, nilai buah 23, kadar lemak 53 persen. Sedangkan Sulawesi 2 potensi produksi buahnya bisa mencapai 1,8 – 2,7 ton/ha pada tahun ke-5, nilai buah 23 dan kadar lemak 45 – 47 persen.

Untuk ketahanan hama Sulawesi 1 memiliki keunggulan istimewa karena relatif tahan dengan hama VSD yang meresahkan petani kakao di Indonesia namun sulawesi 2 agak rentan.

Kedua varietas ini sudah menyebar secara luas di kalangan petani di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Kualitas biji kakao yang dihasilkan varietas tersebut juga cukup mengembirakan.Itu sebabnya kedua klon ini digunakan sebagai bahan tanam pada kegiatan Gernas Kakao.

Komoditi Unggul Perkebunan Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat memiliki beberapa potensi komoditas unggulan yang telah diekspor seperti kakao biji yang mencapai 12,8 ribu ton diekspor dengan tujuan ke China, Jepang, Jerman, Belanda, Rusia dan Amerika. 

sedang untuk Potensi lahan kopi robusta yang dominan terdapat di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat mencapai 5.252 hektare.

lahan kopi robusta di Sulbar terdiri dari tanaman belum menghasilkan seluas 705 hektare, tanaman menghasilkan seluas 3.502 hektare.

Kopi robusta di Sulbar memiliki produksi mencapai 2.184 ton dan petani memanen tanaman kopi robusta pada bulan Juni dan Juli tiap tahun. 

Dibandingkan tahun 2018, ekspor produk turunan sawit dari Sulbar telah meningkat  yaitu menjadi 24 Ribu ton dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 17,8 ribu ton

KAKAO

SAWIT

KOPI

The Workshop

Mesin Pengolahan Kakao 

Morbi di ctum, lectus ut scelerisque mattis, eros lacus mollis metus, nec vulputate sem est non elit. Curabitur rutrum vestibulum vehicula. Maecenas in tortor est. Nunc eget fringilla justo. Ut faucibus dolor dapibus, convallis tortor in, scelerisque diam. Nulla feugiat enim sit amet erat faucibus mollis. Maecenas tincidunt arcu quis arcu tempor, ac rutrum elit ornare.

“Everything you can imagine is real”

 Pablo Picasso

Close Menu